Setiap Penyakit, Pasti Ada Obatnya

Posted by M Fitra Nurdiansyah Rabu, 16 Januari 2013 0 komentar
obat
Tak semua obat dikomsumsi dengan cara diminum, disuntikkan ke dalam tubuk, dihirup melalui hidung, dan beberapa cara lainnya. Apa pun caranya, tujuan pemberian obat adalah untuk meringankan dan menyembuhkan penyakit menyerang tubuh. Setiap obat yang masuk kedalam tubuh kita, khususnya obatyang diminum, akan melalui saluran cerna, seperti lambung dan usus. Ssetelah diproses di saluran ini, obat yang sudah terurai zat aktifnya itu lalu masuk ke pembuluh darah dan disebarkan ke seluruh jaringan tubuh. Ketika sudah menyebar keseluruh jaringan tubuh, barulah pengaruh obat terasa. Harus
Kebanyakan obat tak banyak menolong bila hanya diminum satu atau dua kali. Biasanya, satu jenis obat harus diminum satu, dua atau tiga kali sehari selama beberapa hari untuk mendapatkan efek terbaik. Bahkan untuk penyakit tertentu, obatnya harus diminum seumur hidup, lho!

Pembuatan obat

Bahan-bahan yang berasal dari tumbuhan, hewan dan mineral sudah sejak lama digunakan semagai obat, Pengetahuan ini didapat secara turun-tenurundari generasi ke generasi. Kenyataan nya, bahan-bahan tersebut memang mangandung zat yang dapat menyembuhkan penyakit.

Dalam kehidupan modern bahan-bahan pembuat obat itu diteliti untuk mencari kandungan utamanya yang dapat digunakan sebagai obat. Lalu dari saripati bahan tersebut dibuatlah  obat-obatan. dengan bentuk yang lebih mudah untuk dikumsumsi, seperti berupa pil, kapsul atau sirup.

Obat-obatan yang ada kini lebih dari separuh nya menggunakan saripati bahan-bahan alami tersebut, tentu dengan campuran bahan-bahan lainnya. Selain dari bahan-bahan alami, para ahli juga beru paya membuat obat-obatan dari bahan kimia sintetik.

Saat ini semakin banyak obat yang diciptakan untuk mengimbangi penyakit-penyakit yang ternyata juga semakin beragam jenisnya, dampak dari kehidupan modern. Pembuatan satu jenis obat tak mudah dan sederhana, perlu penelitian panjang dan percobaan berulang kali. Uji coba umumnya dilakukan pada hewan percobaan, hingga akhirnya diperoleh obat yang aman dan bermanfaat bagi manusia.

Walau bermanfaat, obat tetap harus digunakan dengan hati-hati. Tetap ikuti petunjuk dokter dalam menggunakan oabt-obatan. Bila tidak digunakan sesuai aturan, obat malah bisa membahayakan tubuh kita.
Subhanallah, betapa sayangnnya Allah kepada kita dengan menyediakan obat untuk berbagai penyakit. Yang harus diingat, hanya Allah-lah yang bisa member kesembuhan, obat hanya sebagai sarana.

Tahukah Anda

Tanaman Obat Keluarga

tanaman toga
Berbagai tanaman memiliki khasiat mengobati penyakit, seperti daun sirih, kumis kucing, daun saga dan lain-lain. Sepetak tanah di halaman rumah atau pot-pot tanaman bisa digunakan sebagai tanaman obat keluarga (TOGA) atau apotek hidup. Bila ada anggota keluarga yang sakit, obat alami dalam apotek hidup itu bisa diberikan segera.

Obat Ansetesi

obat anestesi
Dalam setiap pembedahan digunakan obat bius yang dapat membuat pasien tidak merasa sakit saat di bedah. Obat bius ini disebut juga obat anestesi. Sebelum ditemukan obat anestesi pada tahun 1800-an, orang yang akan dioperasi hanya diberi opium atau minuman keras. Tanpa obat anestesi, tentu saja rasa sakit sayatan pisau dan jahitan pada luka tidak sepenuhnya hilang sehingga pasien bisa merasakan sakitnya saat operasi.

Kerja Keras Menemukan Obat

li shizhen
Negeri Cina terkenal sejak dahulu dalam hal pengobatan dan obat-obatan. Salah satu ahli obat yang terkemuka, Li Shizhen (hidup pada tahun 1518-1593). Selama 30 tahun, ia dan muridnya menjelajah ke seluruh Cina, bahkan ke tempat-tempat berbahaya, untuk mendapatkan bahan obat-obatan.
Karena saat itu belum ada labolatorium berteknologi tinggi, ia menguji obat-obatan dengan cara sederhana. Ia mencoba sendiri tumbuhan dan ramuan yang dibuatnya sebelum diperikan kepada orang lain. Akibatnya, ia sering kali keracunan.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Setiap Penyakit, Pasti Ada Obatnya
Ditulis oleh M Fitra Nurdiansyah
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kangfit.blogspot.com/2013/01/setiap-penyakit-pasti-ada-obatnya.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Blog Kangfit support Kampung Herbal Online Shop - Original design by Bamz | Copyright of Blog Personal Kang Fitra.